17 February 2015

PENJAHAT PERATURAN




                Hallo sodara-sodara, ketemu lagi kite. Iye dalam kesempatan kali ini aye mau bahas tentang orang yang kagak disiplin. Yaa kalo aye bilang sih sama aje kaya berandalan, orang yang udah tau ada peraturan tapi masih aja dilangar, dan itupun dengan kesengajaan. Haduuh kesadaran tentang disiplin masih nol. Ngak usah lihat pelangaran yang besar, aye Cuma mau bahas pelangaran peraturan yang kecil, yang sering kita amatin, atau bahkan kita sering melakukanya. Ada yang bilang, kalo ngak ngelangar aturan mah bukan orang Indonesia asli. Ketek lo bisulan, ya jangan diterapkan prinsip ngawur gitu dah, ente liatin para Pahlawan dulu ada yang melanggar peraturan, kaga ada kan. Rubah lah prinsip kaya gitu, itu bakalan turun-temurun sampe anak cucu kita, nanem kok kejelekan.

Oke Pelanggaran kecil itu yang ada disekitar kita, biarpun kecil yang namanya pelanggaran tetep pelanggaran dan itu salah bila kita melakukanya, so jangan pernah, jangan pernah.

 *kencing didalam kolam renang, siapa yang pernah hayo, ude kaga usah bohong,
‘wah airnya dingin kencingin dulu lah biar anget’  pale lo kencingin, kaga kasihan ape sama pengguna laenya, kalo kolam pribadi lo mah kaga ape, mau lo kasih air kencing semua juga serah lo segaul lo dah.

*Terlambat apapun, dengan alasan kesengajaan atau ketidak disiplinanmu.

*Suka menyerobot antrian, INDONESIA itu orang yang berbudaya mengantri, nah  kaya khasus flo, menyerobot antrian bbm, udah dia yang salah ngak mau ngantri, ehh malah dia nyalahin orang lain, ngatain Jogja lagi pake kata yang tidak pantas, satu kata buat ente, PECUNDANG. Udah salah bukanya ngaku salah malah nyalahin orang lain, jangan pernah ditiru.

*merokok diangkutan umum, lo kira itu mobil pribadi lo ngak kasihan penyakit yang lo bagi-bagi, iye aye perokok tapi ngak pernah dan jangan sampe merokok diangkutan umum.

*Oke pelanggaran berikutnya tentang membuang sampah sembarangan. Pernah ngak kita melihat 
atau bahkan kita sendiri yang melakukanynya. Pas kita ditempat umum, tempat wisata atau diacara-acara apalah, kita membawa sebungkus sampah atau botol, ya karena kesadaran kita sedikit terus kita buang sembarangan bungkus itu. Nah dalam benak kita, ‘alah paingan satu doing kaga ngefek’. Kaga ngefek jidat lo, ente kaga pernah mikir ape, kalo missal kalian di acara konser, ada katakana 100.000 penonton, aye angap 80% bermoral bocah dan 20% mereka disiplin, nah kalian bayangin kalo 80% membuang sampah, ada 80.000 botol atau bungkus makanan, jumlah yang tidak sedikit, dan kalian sudah menyumbang 1%. STOP BUANG SAMPAH SEMBARANGAN. 

‘loh bang ka nada tukang sampah, kita ngasih kerjaan sama dia’

Mata lo tukang sampah, mereka itu tukang bersih, soalnya mereka yang ngebersihin, yang tukang sampah mah ente-ente pade yang buang sampah sembarangan. Kalian pada ngak suka ape liat lingkungan tempat kita tinggal bersih, bebas sampah, bebas banjir. Nah kalo udah terjadi baru menyalahkan pemerintah, padahal kita sendiri yang buat.

Kalo ngak ingin seperti itu ya tanamkan kedisiplinan kebersihan dari diri kita, kita bawa sampah ya cari tempat sampah, kalo ngak memungkinkan ya kantongin dulu, nanti sampe nemu tempat sampah baru dibuang, kalo ngak kita siapa lagi. Kalo ngak, kita bisa buat sebuah karya yang menghasilkan duit, dilain sisi kita bisa dapet uang dan yang lebih penting sampah akan berkurang.

Next pelanggaran berikutnya, pelanggaran yang sering kita amatin juga, tentang pelanggaran lalu lintas. Pelanggaran yang sering kita lihat juga bahkan kita lakukan. Terkadang ngak sedikit orang sering melanggar aturan rambu-rambu yang ada, mentang-mentang pake mobil mewah, bebas parkir di area yang jelas dilarang parkir.  ‘palingan bayar denda, gampang mah’ bapak ibu orang yang punya uang banyak maaf bukan kaya gitu juga, bukan masalah bayar denda tapi tentang kesadaran diri kedisiplinan kita, berarti ane anggap bapak, ibu atau mas mbak anak songgong anda ngak pernah sekolah.

‘loh saya sarjana lo’

‘itu tanda apaan pak?’

‘dilarang parkir’

‘kenapa dengan begonya bapak masih parkir disini’.

Nah terus yang suka nerobos lampu apill, kalo ngak nerobos mah gak jantan, wah buru-buru.

Nah kemren temen ane nerobos lampu, dan ane berhenti. Pas udah ketemu ane dibilang banci, ya kalik banci. Dijalan mah ada aturanya, ane lebih sayang nyawa dari pade pamer keberanian, lagian tetep sebagai warga Negara yang baik menaati peraturan yang ada dan berlaku.

Dengan alasan apapun jangan pernah melanggar lampu aplii, bisa membahayakan nyawa orang lain kan. Masa iya harus diajarin kaya anak tk.

MERAH= BERHENTI
HIJAU= JALAN
KUNING= PELAN-PELAN

Kalo ngak memungkinkan untuk mengejar lampu hijau mending berhenti, kalo udah kuning injak rem bukan malah nambah gas. Tidak sedikit kecelakaan yang merengut nyawa, karena kelalaian kita di lampu aplii.  Kasihan orang yang ngak salah juga jadi korban.

Nah yang ugal-ugalan dijalan stop, stop sebelum TUHAN yang menyuruh ente berhenti,jadilah masyarakat biasa dijalan, jangan sok jadi artis jalanan, yang sok, suara motor pake kenalpot bekas kaleng biscuit, ngak pake helm, ugal-ugalan. Kalian pikir kalian hebat, baying yang liat bangga, padahal yang ngeliatin itu kebanyakan ngedoain yang tidak baik buat ente,

‘kalo sampe jatoh sukurin, kaga aye tolongin’

Jalan bukan arena race atau ugal-ugalan, sayang nyawa yang penting itu, dan kalian bisa membahayakan pengguna jalan lain. Kecepatan kan ada aturanya, ngebut ka nada jalanya sendiri, ngebut asal tau aturan. Tau dimana jalan yang kita sedang lewati dan disitu ada batas kecepatan, taati peraturan.

Nah banyak nih jalan raya jadi arena balap dadakan, ya sama artis-artis jalanan, biar dikata keren biar cabe-cabean pada deketin, udah tong kasihan nyak babe lu dah, kalo kalian kenapa-napa, kan kalian yang nanggung sendiri, dan orang tuamu yang susah kan.

Kalo kalian memang punya bakan mending kalian ikutan yang resmi, disamping perlindungan terjamin dan ente ngak ngerugiin orang.

Saran dari aye, taati peraturan yang ada dan berlaku bagi anda, apapun. Tanamkan dari hati tentang kedisiplinan, sekecil apapun pelanggaran yang kita langgar tetep itu salah. Jadilah warga Negara Indonesia yang baik dalam menaati peraturan.

Oke cukup itu yang aye bahas tentang berberapa pelanggaran yang sering kita amatin bahkan kita langar, dan masih banyak pelanggaran-planggaran diluar sana, kalo baik bisa kalian ambil yang buruk tinggalin,

Terima kasih yang udah baca, mohon maaf bila ada kesalahan, sampai jumpa lain waktu :D.

No comments:

Post a Comment